Kupas Tuntas Sub Menu Select di Photoshop.

- Select



Select atau dalam artian memilih menu ini berguna untuk memilih layer ataupun untuk mengedit object yang sudah terseleksi, misalnya untuk membuat border, feather, similar selection, smooth, dan lainya yang berhubungan dengan selection tersebut. Pada sub select ini sebelum kita memiliki selection yang aktif hanya beberapa saja fitur yang dapat digunakan, karena memamg kebanyakan fitur yang ada pada sub menu select ini digunakan untuk selection yang sudah kita buat. 

Berikut fitur apa saja yang ada pada sub menu select ini : 

1. All (Ctrl+A) 

Untuk memilih semua yang ada pada kertas kerja yang sedang kita kerjakan. 

2. Deselect (Ctrl+D) 

Menghilangkan seleksi yang telah kita buat sebelumnya. 

3. Reselect (Shift+Ctrl+D) 

Mengembalikan seleksi terakhir yang pernah kita buat dan telah kita deselect tadi. 

4. Inverse (Shift+Ctrl+I) 

Untuk membalikkan seleksi yang kita buat, misalnya kita menyeleksi didalam sebuah kotak dan jika kita menggunakan inverse ini makan seleksi tersebut akan pindah menjadi diluar kotak tersebut. 

5. All Layers (Alt+Ctrl+A) 

Pada select all tadi hanya menyeleksi object yang ada pada lembar kerja sedangkan fitur ini dipakai untuk memilih semua layer. 

6. Deselect Layers 

Untuk membatalkan fitur all layer. Atau bisa juga hanya dengan mengeklik salah satu layer yang telah terpilih sebelumnya. 

7. Find Layers (Alt+Shift+Ctrl+F) 

Mencari layer melalui nama layer yang telah disetting sehingga akan lebih mudah dan cepat dalam mencarinya. 

8. Color Range 

Color Range fitur photoshop satu ini digunakan untuk melakukan seleksi berdasarkan warna yang tidak terlalu kontras sehingga memerlukan kejelian pada pembedaan warna yang hampir seiras. 

9. Refine Edge 

Refine Edge salah satu fitur photoshop yang sangat membantu terutama dalam penseleksian seperti rambut yang memerlukan kedetilan, dengan refine edge ini kita bisa membenarkan seleksi yang telah kita buat sebelumnya dengan tool seleksi yang ada tetapi belum detail seperti yang kita ingini. 

10. Modify 

Pada modify yang ada pada select ini terdapat banyak pilihanya seperti berikut : 



· Border 

Dengan fitur ini kita dapat membuat border secara otomatis yang penting terlebih dahulu kita membuat seleksi pada object yang ingin kita buat bordernya. Dan juga kita bisa mengatur besar kecilnya ukuran border yang dibuat. 

· Smooth 

Smooth dalam kata lain halus, halus disini mempunyai makna yaitu memiliki kehalusan dalam garis pinggir yang telah dibuat misalnya, jika sebulumnya kita memiliki sebuah object kotak persegi kemudian kita menggunakan fitur ini maka yang akan terjadi adalah pada setiap sudut kotak persegi tersebut akan berubah menjadi sebuah lengkungan yang halus. 

· Expand 

Expand adalah fitur yang digunakan jika seleksi yang kita telah buat kurang besar ataupun karena kita ingin membuat seleksi tersebut lebih besar dari object yang ada. 

· Contract 

Contract hanya kebalikan dari fitur expand tadi kalau expand lebih besar atau diluar dari object yang telah terseleksi sedangkan contract lebih kecil dari object yang terseleksi dan berada didalam object tersebut. 

· Feather 

Fitur feather ini sama seperti smooth tetapi bedanya hasil dari seleksi ini jika diaplikasikan akan terlihat seperti blur tidak setajam object sebelumnya.l 

11. Grow 

Membuat seleksi menjadi lebih besar mengikuti warna yang telah terseleksi terlebih dahulu. 

12. Similar 

Kalau pada similar ini untuk seleksi mengikuti warna yang sepadan tapi, terlebih dahulu kita haru membuat seleksi dan kemudian kita menggunakan fitur ini. 

13. Transform Selection 

Untuk melakukan perubahan object yang telah terpilih seperti melakukan pengubahan ukuran, posisi, dan juga lainya sama seperti transform pada umumnya. 

14. Edit in Quick Mask Mode 

Mengedit dengan menggunakan mode quick mask. 

15. Load Selection 

Meload seleksi yang telah tersimpan sebelumnya. 

16. Save Selection 

Untuk menyimpan seleksi yang kita buat sehingga kita dapat menggunakanya dengan load selection, jadi kita tidak perlu melakukan seleksi lagi jika seleksi tersebut sama dengan seleksi sebelumnya.

No comments:

Post a Comment

Kupas Tuntas Sub Menu Select di Photoshop.

- Select Select atau dalam artian memilih menu ini berguna untuk memilih layer ataupun untuk mengedit object yang sudah terseleks...